Dapatkah Rencana yang Berani Membantu Menyelamatkan Lapisan Es Kutub?

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah menjelajahi cara-cara untuk menyelamatkan lapisan es yang luas yang meliputi Greenland dan Antartika, yang naik dan turun di lautan ketika suhu global meningkat.

Mereka telah menyarankan segala macam reformasi mungkin, dari penyemaian atmosfer dengan bahan kimia yang mencegah sinar matahari untuk mendinginkan planet untuk memompa air laut di atas es, berharap untuk membekukan es dan pembaruan hilang. Tetapi ide-ide ini telah banyak dikritik karena biayanya yang tinggi – diyakini ratusan miliar dolar setahun – dan risikonya.

Sekarang para ilmuwan telah datang ke sebuah rencana baru yang berani untuk melindungi gletser besar – dan mencegah berpotensi merusak permukaan air laut yang mungkin terjadi jika kenaikan menghilang. Satu melibatkan melindungi gletser yang rentan dengan dinding bawah air yang dibangun oleh robot. Yang lain menyarankan memompa air dingin melalui terowongan besar bernoda di bawah es untuk memadatkan dan mencegahnya meluncur ke laut.

Kata Michael Olovak, dunia es di Princeton University dan salah satu ilmuwan yang berdiri di belakang proposal baru: “Proyek-proyek ini rekayasa geologi menghambat banyak gletser di kutub mencair di laut selama berabad-abad.” “Ide lain telah diusulkan, tetapi biaya energi yang sangat besar. Pompa air di atas gletser kutub melibatkan risiko lapisan drainase air ke gletser, lebih dilumasi, meningkatkan tingkat di mana ia tergelincir. Di laut.”

Rencana kemungkinan menghabiskan biaya puluhan miliar dolar. Sementara ini adalah bagian dari harga inisiatif yang diusulkan lainnya, kerjasama internasional yang luas akan diperlukan tidak hanya untuk membiayai proyek tetapi juga untuk mengelolanya.